Minggu, 07 April 2013

Edit Foto Menggunakan Photoscape



Cara Edit Foto Menggunakan  Photoscape

Photoscape ialah aplikasi yang salah satunya digunakan oleh banyak orang untuk mengedit beberapa foto yang diinginkan. Photoscape adalah merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak yang sudah dikembangkan oleh MOOII Tech asal dari Korea Selatan.

Photoscape adalah aplikasi pengolah data atau foto yang mempunyai konsep “ dapat dilakukan dengan mudah dan menyenangkan”. Sehingga dapat memungkinkan anda sebagiai pengguna dapat dengan mudah mengedit atau membuat foto anda beda dengan yang lain secara mudah. Foto yang akan diedit dapat diambil dari beberapa perangkat, yaitu perangkat kamera mulai dari kamera yang biasa atau kamera digital sampai kamera ponsel pun bisa untuk mengambil foto.
 
Secara Keseluruhan Photoscape ini sangat digemari oaleh oranng-orang yang gemar mengedit foto. Hingga seluruh lapisan masyarakat pun mengenal apa itu aplikasi Photoscape. Tetapi bagi anda yang khususnya masih belum memahami atau mengetahui banyak tetntang photoscape, maka anda dapat mempelajari bagaimana penggunaaan atau cara kerja aplikasi foto ini pada blog yang sudah saya tulis ini. Blog ini menyajikan bebrapa tips atau cara untuk menggunakan aplikasi ini dengan mudah dan menyenangkan tentunya. Maka siap-siaplah untuk mempelajari dan kemudian mempraktekkan tips yang sudah ada diblog ini.
 
Cara Kerja Photoscape untuk Mengedit Foto

Untuk mempelajari bagaimana cara untuk mengedit foto dengan menggunakan photoscape ini, maka anda harus memperhatikan beberapa hal yang wajib anda ketahui terlebih dahulu ialah apa fungsi dari bagian bagian yang ada pada aplikasi ini atau peralatan yang akan digunakan untuk menedit foto ketika anda sedang menggunakan aplikasi photoscape ini.
 
Dibawah ini adalah penjelasan atau penjabaran untuk masing masing bagian yang ada pada aplikasi photoscape yang tentunya akan memperjelas dan mempertegas penggunaan aplikasi ini. Yang nantinya hasil foto yang anda edit akan semakin lebih bagus dan berkwalitas.

Beberapa alat atau bagian bagian yang ada pada aplikasi photoscape:

·         Penilik / Viewer
Alat ini berfungsi sebagai jendela penilik atau jendela untuk melihat foto yang akan anda edit nantinya.
·         Editor/Editor
Editor ini memiliki beberapa fungsi khusus yang salah satunya ialah berfungsi untuk mengubah ukuran foto yang tadinya besar menjadi kecil atau sebalikknya. Lalu juga mempunyai fungsi sebagai pencerah warna, cahaya, dan penyesuaian warna pada foto. Disamping itu berfungsi sebagai penambah teks atau tulisan yang akan diletakkan pada foto yang anda edit. Memotong foto atau crops juga salah satu fungsi dari editor ini. Jika anda menginginkan warna atau cahaya yang lebih jelas lagi, maka anda bisa menggunakan blacklights atau sebagainya, anda juga dapat menambahkan frame atau bingkai, balon atau efek efek yang lainnya.
·         Batch Editor / Editor Tumpak

Alat pada bagian ini berfungsi sebagai editing yang bisa meletakkan beberapa foto sekaligus.

·         Halaman / Page

Alat ini dapat berfungsi sebagai pembuat tampilan foto yang dapat meletakkan beberapa foto yang anda inginnkan dalam satu frame atau binmgkai saja. Halaman atau page ini dapat digunakan untuk menggabungkan satu foto dengan foto yang lain. Didalam Photoscape ini terdapat beberapa frame namun pada aplikasi ini sudah trersedia kurang lebih 100 frame atau bingkai yang dapat anda gunakan untuk mempercanti foto anda sesuai dengan selera.

·         Gabungan / Combine

Jika ingin foto anda agar kelihatan menarik, maka anda dapat menggabungkan beberapa foto yang menurut anda menarik menjadi satu frame atau satu tempat secara horizontal ataupun vertical.

·         Animasi GIF
Foto yang anda edit pun adan dapat dijadikan dalam beberapa bentuk animasi dengan menggunakan Animasi GIF ini. Tidak hanya 1 foto saja tetapi bisa lebih dari 1 foto yang akan anda buat menjadi animasi.

·         Cetak / Print
 Anda bisa menggunakan print untuk mecetak foto yang sudah anda edit dengan sesuka hati anda.

·         Pemotong Foto / Spliter
Anda ingin memotong foto yang sudah anda inginkan dengan menggunakan Spliter akan memenuhi berapa ukuran yang akan anda inginkan.

·         Menagkap Layar / Screen Capture
Alat ini dapat digunakan untuk mengambil ganbar yang sudah anda screenshot.

·         Pemilihan Warna / Color Picker

Warna dapat anda pilih dengan sesuka hati anda warna apa yang akan anda inginkan.

·         Konversi RAW
Jika anda menginginkan konversi raw foto anda menjadi JPG, maka anda dapat menggunakan menu ini.



·         Ganti Nama / Rename
Anda dapat mengganti nama foto yang sudah anda edit agar tidak sama dengan foto aslinya, maka anda dapat menggunakan menu ini untuk mengganti nama foto.
·         Mencetak Kertas

Berfungsi  dapat mencetak kertas grafik, kertas garis, kertas musik, atau kalender.

·         pencarian wajah

Dapat mempercerah wajah yang anda inginkan.



Selain itu,Photoscape  juga dilengkapi dengan fitur Filter, misalnya Film Effect, Antique Photo, Lens Flare, Texture, Pictorialization, dan puluhan jenis filter lainnya. Dengan filter-filter tersebut Anda bisa membuat foto Anda menjadi lebih menarik, antik atau bahkan lucu.

Cara Menggunakan Photoscape Untuk Mengedit Foto

Dibawah ini bagaimana cara mebuat efek pada foto yang anda inginkan. Dengan mempelajari beberapa alat yang sudah dijelaskan diatas maka anda pasti akan mudah untuk mempraktekkann ya. Adapun yang akan dibahas disini adalah terdiri dari dua bagian penting, diantaranya adalah membuat efek foto dan juga membuat sensor pada foto.

1. Membuat Efek Foto


Untuk membuat tampilan foto Anda menjadi keren, seringkali diperlukan tambahan efek pada foto, dengan photoscape, membuat efek menjadi mudah, berikut adalah caranya:  
  1. Buka aplikasi photoscape  
  2. Pilih menu Editor  
  3. Cari foto yang ingin diberi efek, pada kolom browse di kiri atas (kolom file Anda)  
  4. Klik foto, dan otomatis akan berpindah ke layar kerja Anda. Disebelah kanan  
  5. Kemudian, pilih menu editing, contohnya, ada frame, rotasi, sharpen, filter dll.

3 komentar:

  1. good, dengan adanya photoscape apakah ini dapat menjadi peluang bisnis juga? dibidang photograph ya tentunga? lalu apakah ini dapat dimiliki sepaca geratis aplikasinya?
    bagaimana dengan anda senriri? apakah sudah pernah menmcobanya?

    saya secara pribadi jujur sudah pernah mencobanya hasilnya lumayan bagus tetapi belum sebagus dengan aplikasih photoshop. karena menurut aaya aplikasi ini kurang lengkap. heheheheh :)

    BalasHapus
  2. petanyaan yang anda ajukan akan saya jawab satu persatu yaaa...
    1. Dengan bidang ini anda bisa menjadi seorang tentor untuk orang yg ingin mendalami lebih lanjut tentang fotografi.
    2. bisa dimiliki secara gratis dengan mendwonload nya di www.google.com secara gratis atau free.
    3. Iya tentunya saya sudah pernah mencobanya.

    silahkan anda pelajari dan download aplikasinya lalu dipraktekkan. Semangat. Semoga berhasil ya :)

    BalasHapus
  3. masih bingung..??kalau tulis nama di foto gimana?

    BalasHapus