Minggu, 17 Maret 2013

MEMPELAJARI DAN MENGENALI SEKILAS TETNTANG FOTOGRAFI SERTA BEBERAPA PENDUKUNGNYA



MEMPELAJARI DAN MENGENALI SEKILAS TETNTANG FOTOGRAFI SERTA BEBERAPA PENDUKUNGNYA

HOBBY adalah orang-orang yang memakai kamera mereka untuk hobby mereka. Kamera tersebut digunakan untuk melakukan kegiatan yang membuat mereka senang dan melepas penat setelah melakukan aktivitas yang telah membuat fikiran kacau.                                                                    
Kamera untuk pengguna ini didesain dengan ketahanan yang kuat dan tingkat kehandalan yang tinggi. Body yang digunakan terbuat dari bahan metal dengan pelindung karet yang tingkat kerapatannya tinggi, sehingga disebut weather-proof. Weather-proof ini bisa dipakai dibawah hujan. Fasilitas dan fitur-fiturnya dibuat  beragam dengan akses  fitur tersebut dibuat lebih mudah. Banyak fitur yang bisa diatur sendiri. Jadi fotografer bisa mempunyai banyak  pilihan.

Jika menggunakan kamera dengan baik dan benar, maka kamera anda akan terjaga dan akan dapat dim aksimalkan dengan baik. Seperti halnya orang yang sudah profesional didalam menggunakan dan mengoperasikan kamera. Jika kita berbicara kamera pasti yang akan muncul yaitu Merk kamera apa yang bagus dan berkualitas, Kecanggihan teknologi yang ada didalam kamera tersebut, dan model yang sedang trend dan digandrungi oleh fotografer. Inilah sedikit penjelasan dari tiga hal tersebut.

Berbicara tentang MERK :
D-SLR yang ada saat ini hanya ada dua saja yakni merk Canon dan Nikon. Mereka berdua menguasai hampir 80% pangsa pasar kamera D-SLR.
Tentu saja, terdapat merk lain selain Canon dan Nikon yang juga memiliki kamera D-SLR yang cukup bagus. Mereka adalah Sigma, Sony, Pentax, dan Olympus. Dalam hal Sony, mereka mulai masuk pasar D-SLR.

Sedangkan tentang TEKNOLOGI :
Dalam persaingan yang ada saat ini, dapat menunjukkan bahwa persaingan teknologi menjadi salah satu pemicu larisnya suatu produk. Setiap orang akan mementingkan teknologi untuk barang yang akan mereka beli. Sedangkan merk bisa dikatakan nomor dua setelah mengutamakan teknologi. Karena didalam teknologi terdapat banyak fitur yang akan menunjang pekerjaan sebagai fotografer.

Kebanyakan dari konsumen kamera tersebut adalah merupakan konsumen yang loyal terhadap sebuah merk kamera, jika konsumen sudah merasa nyaman dengan teknologi yang mereka dapat maka mereka akan memepertahannkan dengan merk tersebut, tetapi jika merk tersebut tidak memperbaharui teknologi yang sudah ada, maka konsumen bisa akan berpindah merk dan mencari teknologi yang lebih berkualitas.
Jika banyak konsumen yang berpindah merk maka bisa bisa akan banyak beberapa merk besar yang akan gulung tikar atau colaps.

 Dengan adanya persaingan yang ketat ini, dapat dipastikan semua kamera yang akan dibeli oleh konsumen dan tidak akan mengecewakan. Dari semua merk, model, itu kamera D-SLR yang ada saat ini. Karena semua itu pasti akan membantu anda untuk menghasilkan foto yang berkualitas dan bagus. Sekarang tinggal bagaimana anda menggunakan dan mengoperasikan alat tersebut untuk membuat dan menghasilkan sebuah karya foto yang berkualitas dan disenangi banyak orang.

Pada intinya, coba lakukan pengujian terhadap fitur yang akan anda beli. Ada fitur-fitur yang banyak untuk enjadikan pekerjaan anda akan terbantu dan tidak disebutkan dalam kriteria yang dipublikasikan oleh produsen kamera. Berat dari kamera yang akan anda miliki harus anda rasankan san sesuaikan dengan genggaman ntangan anda, jangan sampai lebih besar dari tangan anda. ika kamera sudah pas dalam genggaman tangan anda, maka selanjutnya anda harus melakukan tes pada beberapa fitur  yang ada pada kamera tersebut. Dan anda harus bisa merasakannya sendiri.

Sekilas tentang MODEL KAMERA :
Setelah mengetahui cara-cara dan bagaimana memilih kamera yang tepat, maka sekarang saatnya mengenali dimana kelas kamera yang akan anda beli dan akan anda operasikan. Langkang pertama yaitu melihat harga kamera itu sendiri, lalau menyamakan model kamera dari setiap merk, Jika sudah, maka cocokkan dimana kelas kamera yang anda miliki saat ini dan dapat membedakan kelas satu dengan kelas yang lainnya :

Model untuk kamera Nikon dimulai dari huruf 'D' ada beberapa model yaitu :
- Entry Level kelas, 70 dibawah 2 digit angka , seperti D40, D40x, D50 dan D60.
- Hobby kelas, diatas 70 ada dua digit angka , seperti D70, D70s, D80 dan D90.
- Profesional kelas, hanya dengan satu digit saja, seperti D1, D1x, D1h, D2x, D2h, dan D3.

Sedangkan merk Canon diawali dengan angka dan diikuti oleh huruf 'D'. Pengelompokkan kelas-kelas kamera mereka sebagai berikut (dari tingkat Professional hingga Entry Level):
- 5D, 5D Mk II, 5D Mk III
- D30, D60, 10D, 20D, 30D, 40D, 50D
- 300D, 350D, 400D, 450D
- 1000D

Sekilas tentang EDITING :
Jika sudah didukung oleh kamera dan teknologi yang bagus, di dunia fotografi juga terdapat editing. Yaiti mengedit suatu foto yang telah dihasilkan oleh kamera sesuai dengan keinginan orang masing-masing. Dalam editing ada beberapa software untuk menunjang editing para fotografer. Pothoscape, Photoshop, Picasa 3, dll adalah beberapa software yang bisa digunakan untuk menedit foto. Namun kebanyakan fotografer mengedit foto dengan menggunakan Photoshop. Dikarenakan didalam Photoshop ini terdapat banyak fitur yang lengkap untuk menunjang editing foto dan menghasilkan kualitas editing yang bagus.

Jika anda ingin serius mendalami ilmu fotografi, maka anda harus mempelajari beberapa dasar tentang bagaimana mengoperasikan fotografi. Untuk mngenali merk, fitur, teknologi dan cara mengoperasikannya itu adalah beberapa cara anda untuk mendalami bidang fotografi.

Selamat mencoba dan mempelajari bidang fotografi dengan baik dan semoga mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar